13 Kuliner Makanan Singkawang yang Bikin "nagih" Versi Sirasel

1. Sop mie asin
Sop Mie Asin, Kuliner makanan satu ini mungkin hanya ada di Singkawang, mengapa demikian? Karena sop ini bukan seperti sop ayam, sop sum sum atau sop tulang yang hampir ada disetiap kota. Walaupun namanya mencatut sebuah rasa yaitu asin,tapi sop ini tidak murni hanya satu rasa, justru setelah bercampur dengan teman temannya soal rasa?? , hmmmm...jangan tanya tidak kalah nikmatnya dari bakso, apalagi kalau dimakan selagi panas lalu ditaburan kacang dan ikan teri goreng...wuhhh. Dijamin maknyuss..

Sop Mie Asin kebanyakan dijual di kantin kantin sekolah atau di warung warung jajanan kecil.Maklum saja , makanan ini mungkin masih dianggap makanan pinggiran.
Dengan 5k seporsi kita sudah dapat menikmati semangkuk sop mie asin ini.

2. Bubur pedas
Selain sop mie asin, bubur pedas juga mungkin termasuk kedalam makanan yg di klaim satu satunya yang ada di provinsi kalimantan barat.
Si rasel yang awal mula kebingungan bagaimana cara menyantap hidangan satu ini. Bubur pedas terbilang cukup unik, karena di dalam semangkuk sajian,terdapat bubur dan aneka sayuran hijau yang sudah di potong kecil-kecil juga taburan ikan teri membuat masakan ini menjadi komplit. Si rasel terkecoh dengan warna bubur pedas yang hijau, dia pikir itu adalah sayuran,akhirnya dia menambahkan nasi sebagai pelengkap makan sayur. Tapi dia juga merasa aneh dengan campuran bubur yang sudah ada di dalamnya.
Lupakan soal ke haluan si rasel dan tetap dan tatap fokus bubur pedas ini. Cukup mudah untuk menemukannya. Dengan harga 5k sd 10 k per porsi bubur pedas sudah siap disantap.

3. Mie lontong sayur
Next, ada si lontong sayur campur. Menu satu ini biasa di santap untuk menu makan pagi sarapan di singkawang, selain bubur pedas dan sop mie asin, lontong sayur campur juga sangat recomended untuk mengganjal perut hingga siang. Hidangan ini tersaji dengan potongan lontong dicampur dengan bihun dalam kuah kuning santan dengan toping daun seledri cincang,irisan mentimun dan kerupuk bawang diatasnya. Tak lupa tambahkan bumbu seperti kecap,cabai dan jeruk sambal sesuai seleramu.

4. Bubur pekong Singkawang
Nah, kenapa bubur juga termasuk kuliner makanan yang ternotice?. Yuph,bagi si rasel, bubur tersebut lumayan berbeda dari bubur di kota sebelumnya ia tinggal. Bubur singkawang terbilang sederhana tapi mewah,bubur pekong singkawang ini berisi ikan teri goreng, kacang goreng, irisan daging sapi, emping, lobak, bawang goreng, daun seledri atau daun sop sebagai toping kemudian disiram dengan kuah kaldu daging sapi.Dijamin liur kalian menetes ketika menghirup aromanya.

5. Bubur gunting
Di no.5 si rasel akan mengklaim lagi menu yang mungkin hanya ada di Singkawang. Kuliner yang termasuk jajanan lokal ini terdiri atas cak kueh yang digunting menjadi potongan kecil dan di siram dengan kuah khas bubur gunting,dan jangan kaget jika kita temukan ada potongan kecil berwarna putih. Karena itu adalah kacang hijau yang sudah dikuliti. Harga semangkuk dimulai dari 5k saja.

6. Pisang goreng pisang raja.
Beberapa waktu lalu si rasel dan sahabat dekatnya jalan-jalan di kota singkawang dan menemukan hidangan yang cukup unik, yaitu pisang goreng pisang raja. Pisang goreng yang biasanya terbuat dari pisang kepok,disini tersaji pisang raja dalam balutan tepung manis. Kami menemukannya di jalan S.M. syafiudin singkawang (depan toko sinfung),buka mulai pukul 3 sore sampai jam 8 malam aja nie guys.Oia, jajanan pinggiran ini recomended untuk vegetarian.

7. Bak mie kering bogita

Bak mie singkawang umumnya identik dengan non halal, tapi tenang saja si rasel bakalan ngasih tau satu tempat yang udah pasti halal dan seluruh karyawannya tutup aurat. Uwoww.. MasyaaAllah.

Dibanding bakmie kering lainnya, bakmie ini lagi lagi termasuk unik. Selain itu harga rakyat yang membuat bakmi ini menjadi menjadi nagih banget.
7 Hal yang membuat BAKMI SEDAP BOGITA ini menjadi super duper nagih :
Satu-satunya bakmi dengan varian warna dan rasa alami.
Tidak perlu lama menunggu
Satu-satunya yang memiliki rasa SPESIAL
BAKMI yang langsung di produksi oleh BOGITA
Harga per porsi yang sangat hemat juga ada beberapa menu colab yang gak kalah hemat dan memuaskan.
Mienya Sehat & Selalu diproduksi setiap hari
Sudah berdiri lebih dari 5 tahun

Teman teman yang ada disingkawang kudu banget mampir di Jalan Pendidikan (arah ke SMKN 2), Kampung Jawa, Singkawang.

8. Kwetiaw asu

What? Nani?? Asu? Asu anjing bukan? Haha no no.. Asu disini dalam bahasa hakka keturunan etnis tionghoa. Yang berarti paman. Mungkin dikarnakan sang koki adalah pria paruh baya. Makanya kwetiaw ini bernama asu. Dilihat sekilas mie ini nampak seperti kwetiaw goreng pada umumnya.tapi setelah di coba, kwetiaw ini jelas berbeda. Kamu akan menemukan rasa kaldu daging sapi yang sangat kental,lalu irisan tetelan sapi tersebar diantara sela sela mie. Yang sering si rasel cobain adalah kwetiaw asu di jalan yos soedarso singkawang.

9. Bakso si jantung hati.

Si rasel gak tau bakso lain tapi bagi dia, Bakso sijantung hati bisa dibilang cukup populer. Untuk lingkungan karib kerabatnya tidak ada yang tak tau menu yang satu ini. Bulan desember yang identik dengan hujan, bukti nyata bahwa hujan adalah 1 % kenangan dan 99% bakso. Penasaran gimana rasanya?? Cukup datang kealamat di Jl. Perwira, Sekip Lama, Singkawang Tengah, Kota Singkawang.

10. Choi pan

Jalan jalan ke singkawang kalo udah kehujanan pasti kedinginan. Tapi tenang aja ada choi pan kawasan. Loh kok bukan bakso yang di tawarin? Hemm kan si rasel udah nawarin di no.9.

Yap, Choipan hampir tersebar merata di setiap warung di singkawang,tapi si rasel doyan banget nie makan choipan di kawasan traditional singkawang. Selain choipan disana memiliki hal khusus yang berbeda karena tempatnya yang memang bersebelahan dengan rumah adat marga thjia, juga kamu bisa melihat aktifitas dapur yang rapi dan bersih. Jadi sekali pesan langsung di olah, sehingga choipan bisa mendarat fresh di mulut kita.choipan Memiliki sekitar berbagai macam varian isi. Tapi untuk di choipan kawasan memiliki sekitar 3 varian isi seperti bengkoang(ini favorit si rasel),lalu ada kucai dan juga rebung dengan size yang super big di jepitan sumpit choipanmu.

11. Pentol kuah

Nah jajanan satu ini bisa dibilang penyelamat disaat kelaparan. Bisa dicampur mie atau makan bersama nasi.dan tentunya pantang untuk di lewatkan. Sekian banyak pentol kuah.yang paling si rasel suka adalah pentol kuah pegasus di dekat mesjid raya. Tak lupa jika ke mesjid raya kita bisa foto di tugu kedaulatan yang merupakan simbol kota singkawang. Soal rasa? Dijamin enak banget deh. Gak kalah sedap dengan bakso bakso populer di kota mu insyaaAllah.

12. Rujak thai pujie

Selanjutnya ada rujan thjai pujie. Pasti kalian berfikir, rujak ini sama dengan rujak lainnya. No no. Salah besar. Rujak ini memiliki hal unik di kuah dan juga toping ebi nya . Nyesel kalau ke singkawang gak cicipi salah satu kuliner khas ini.

Tersedia menu menu seperti rujak kerupuk,rujak mangga, rujak kacang dan lain lain.

13. Bubur tahu

Terakhir tetapi bukan untuk berakhir,ini nieh yang bikin si rasel betah di singkawang. Si putih bersih layaknya hati di saat id fitri ini bisa dibilang cukup sulit di temukan di beberapa kota lain namun sangat mudah di temukan di singkawang. Si rasel bilang menu yang cocok dijadikan dessert ini memang nagih banget. Dengan harga yang setara dengan permen(15 butir) membuat lidah kamu disentuh lembut oleh si bubur tahu. Disajikan dalam satu porsi bubur tahu dan di siram oleh air gula. Dijamin mulut kita akan di manja olehnya.

Terima kasih sudah mampir di blog ku. Jangan lupa share ke kawan kawan soal si rasel dan informasi blog nya.

Ditunggu komentar positifnya.^_^

0 Response to "13 Kuliner Makanan Singkawang yang Bikin "nagih" Versi Sirasel"

Posting Komentar